Pendekatan Sistem dalam pemecahan masalah



 CARA PANDANG SISTEM
Cara pandang sistem melihat operasi bisnis sebagai sistem-sistem yang melekat dalam suatu lingkungan yang lebih luas.

Mc Leod menyatakan, cara pandang sistem ini bermanfaat untuk:


mencegah manajer tidak tersesat dalam kompleksitas struktur &
 rincian pekerjaan

menyadari perlunya memiliki tujuan-tujuan yang baik

menekankan petingnya kerjasama semua bagian dalam organisasi

mengakui keterkaitan organisasi dengan lingkungannya

memberikan penilaian yang tinggi pada informasi umpan balik 
yang hanya dapat dicapai dengan cara sistem tertutup

Pendekatan sistem dalam pemecahan masalah

Pendekatan sistem merupakan suatu pendekatan sistematis yang\
digunakan untuk pemecahan masalah Masalah penyebab dari suatu
persoalan Gejala kondisi yang dihasilkan oleh masalah.
 
 
PERSIAPAN 
1.Memandang perusahaan sebagai suatu sistem
  Manajer dalam menyelesaikan masalahnya harus mampu melihat perusahaan  sebagai suatu sistem, hal ini dapat dicapai dengan menggunakan model sistem umum perusahaan
2.  Mengenal sistem lingkungan
  Hal ini adalah pemahaman hubungan perusahaan dengan lingkungannya. Ada delapan elemen lingkungan yang perlu diperhatikan oleh perusahaan
3.  Mengidentifikasi subsistem-subsistem perusahaan
  Subsistem-subsistem perusahaan yang paling mudah adalah area fungsional yang masing-masing merupakan suatu sistem sendiri. Selanjutnya baru dapat  dilihat  tingkatan manajemen sebagai subsistem, artinya memiliki hubungan atasan bawahan dan dihubungkan dengan informasi maupun arus keputusan

DEVINISI

Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem (top-down analysis)
Mengidentifikasi tingkat sistem tempat penyebab persoalan berada. Artinya sistem dapat berada pada tingkat sehingga manajer dapat menganalisis sistem menurut subsistem- subsistem-nya
Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu
Saat manajer mempelajari tiap tingkat sistem, elemen-elemen sistem dianalisis secara berurutan, yaitu:
mengevaluasi standar
membandingkan output sistem dengan standar
mengevaluasi manajemen
mengevaluasi pemroses informasi
mengevaluasi input dan sumber daya input
mengevaluasi proses transformasi
mengevaluasi sumber daya output
SOLUSI

Mengidentifikasi berbagai alternatif solusi pemecahan masalah
Cara pemecahan masalah adalah dengan tukar pikiran dan diskusi (informal) dan rancangan aplikasi bersama (formal) dengan menggunakan sistem pendukung keputusan secara kelompok (group decision support systems)
Mengevaluasi berbagai alternatif solusi
Hal ini dilakukan dengan menggunakan kriteria evaluasi tertentu untuk mengukur seberapa baik suatu alternatif dapat memecahkan masalah
Memilih solusi terbaik
Menerapkan solusi
Membuat tindak lanjut, memastikan bahwa solusi itu efektif
 

PENGENDALIAN SISTEM


Pengendalian adalah proses untuk mengukur kinerja sekarang dan membimbingnya pada sasaran yang telah ditetapkan, dengan kata lain untuk mencapai efektivitas pancapaian tujuan.

Elemen kunci pengendalian:

1.tujuan & Standar, maksud, sasaran ditetapkan terlebih dahulu

2.untuk mengukur kinerja

3.untuk membandingkan, mendeteksi berbagai perbedaan

4.untuk mengoreksi dan menyesuaikan

5.feedback dan feedback loop
 MODEL SISTEM UMUM SUATU ORGANISASI /PERUSAHAAN
 

Komentar

Postingan Populer