Langsung ke konten utama
Diagram UML Perpustakaan
Diagram UML Perpustakaan
USE CASE DIAGRAMDiagram Use Case adalah diagram yang menunjukkanfungsionalitas
suatu sistem atau kelas dan bagaimana sistem tersebut berinteraksi
dengan dunia luar dan menjelaskan sistem secara fungsional yang terlihat
user. Biasanya dibuat pada awal pengembangan. Use case diagram
menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang
ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”.
Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan
sistem. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke
sistem, meng-create sebuah daftar belanja, dan sebagainya.
Seorang/sebuah aktor adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang
berinteraksi dengan system untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.Use
case diagram dapat sangat membantu bila kita sedang menyusun
requirement sebuah sistem, mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan
merancang test case untuk semua feature yang ada pada sistem.Pada
contoh perpustakaan Seorang siswa untuk meminjam buku anggota harus
mendaftar terlebih dahulu kepada petugas setelah mendaftar mahasiswa
tersebut boleh membaca buku. Jika sudah menjadi anggota, siswa tersebut
boleh meminjam buku kepada petugas perpustakaan dan mengembalikannya
sesuai dengan ketentuan tersebut apabila anggota tersebut telat
mengembalikan buku maka anggota dikenakan denda dan membayar denda
tersebut kepada petugas.
ACTIVITY DIAGRAM Definisi activity diagram yaitu teknik untuk mendiskrpsikan logika procedural, proses bisnis dan aliran kerja dalam banyak kasus kerja personal (workflow) dan alur data (flowchart).Activity
diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang
dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin
terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat
menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa
eksekusi.
Pada Digram diatas yaitu transaksi peminjaman buku
- Sipeminjam memberikan data buku yang akan dipinjam
- Petugas menampilkan form peminjaman dan mencatat data buku yang akan di pinjam
- Petugas menghitung biaya sewa
- Peminjam membayar sewa buku
- Petugas mencatat ID anggota
- Petugas memberikan buku dan kartu pinjam anggota
SQUENCE DIAGRAMSequence
diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek
dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram
ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh
obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek
tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi
interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.Pada
diagram ini, dimensi vertikal merepresentasikan waktu. Bagian paling
atas dari diagram menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai
dengan bagian dasar dari diagram. Garis Vertical, disebutlifeline,
dilekatkan pada setiap obyek atau aktor. Kemudian lifeline tersebut
digambarkan menjadi kotak ketika obyek melakukan suatu operasi , kotak
tersebut disebut activation. Obyek dikatakan mempunyai live activation
pada saat tersebut.Boundary Class: Class yang berinteraksi dengan aktor langsung (user interface) Form, input, UI ini masuk di siniControl Class:Class yang berhubungan dengan pemrosesan, penghitungan, kalkulasi,komputasi, query, dstEntity Class:Class yang berhubungan dengan data, penyimpanan data/file
CLASS DIAGRAMClass
adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan
sebuah objek danmerupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi
objek. Class menggambarkankeadaan (atribut/properti) suatu sistem,
sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasikeadaan tersebut
(metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi
class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti
containment , pewarisan, asosiasi,dan lain-lain.Class memiliki tiga area pokok :1. Nama (dan stereotype) 2. Atribut 3. Metoda Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut : Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya Public, dapat dipanggil oleh siapa saja Class
dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak
yanghanya memiliki metoda.Interface tidak dapat langsung
diinstansiasikan, tetapi harusdiimplementasikan dahulu menjadi sebuah
class. Dengan demikian interface mendukung resolusimetoda pada saat
run-time. Sesuai dengan perkembangan class model, class
dapatdikelompokkan menjadi package. Kita juga dapat membuat diagram yang
terdiri atas package.Contoh Class Diagram
DEPLOYMENT DIAGRAMDeployment
Diagram adalah diagram yang menggambarkan detail bagaimana komponen
di-sebar (di-deploy) kedalam infrastruktur sistem, dimana komponen akan
terletak (pada mesin, node, server atau piranti keras apa), bagaimana
kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal
lain yang bersifat fisikal.Contoh Program :
PACKAGE DIAGRAMBagi
yang pernah belajar jaringan komputer tentu tidak asing dengan istilah
package. Package yang dalam bahasa Indonesianya berarti paket dalam
dunia networking dimanfaatkan dalam komunikasi datanya dimana data tidak
dikirimkan langsung dalam bentuk binernya melainkan dikelompokkan
terlebih dahulu dalam paket-paket. Package diagram merupakan salah satu
dari delapan/sembilan diagram UML. Atau saat kita download salah satu
installer linux, yang kita download berupa package-package. Dalam
literatur pemrograman dengan visual basic, saat akan mendeploy software
yang baru kita buat kita diminta untuk mengambil package-package yang
dibutuhkan. Sedangkan dalam bahasa Java dan C++, package selalu diimport
saat kita menuliskan code programnya.Package
merupakan kumpulan dari class. Penggambaran diagram Package mirip
dengan simbol folder dalam Microsoft Windows. Kita ambil kasus pada
sistem penjualan dan pembelian, maka kita dapat membuat dua package
yaitu package penjualan dan package pembelian. Di dalam package
penjualan kita bisa menggambarkan use case penjualan. Salah satu manfaat
package adalah kemampuannya untuk digunakan pada component lainnya.Dalam menggunakan package sistem lain dikenal dua istilah yaitu:1. Import Package: Meminjam package lain yang bertipe public.2. Access Package: seperti import hanya saja tipe package berubah menjadi private.Import
dilukiskan dengan garis putus-putus dengan panah menunjuk pada package
induk (si pemilik kelas) dengan tulisan "import" dekat garis putus-putus
tersebut. Sedangkan access dengan cara yang sama, hanya saja tulisan
"import" diganti dengan "access".Contoh Package Diagram
USER INTERFACE/FORM DIAGRAMUser
Interface Diagram disesuaikan UML diagram digunakan untuk visual
mock-up user interface sistem menggunakan bentuk, kontrol dan .
Komentar
Posting Komentar